Rabu, 02 Maret 2016

Kasih Ibu Dikenang Sepangjang Masa

kasih ibu
kasih seorang ibu
berbaktikepadaorangtua.com-
Ibu Merupakan sosok yang tak asing di mata setiap orang dimanapun ia berada, entah ia seorang raja atau seorang jelata yang tak pernah merasakan gelimangnya harta benda, baik ia konglomerat atau hanya rakyat biasa dan semua orang yang pernah terlahir ke dunia (kecuali beberapa orang yang Alloh ta’al kehendaki) pasti pernah mengenal sosok seorang Ibu.  Seberapa besarkah Kasih Ibu yang kita ketahui selama ini? Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit gambaran kepada kita serta inspirasi untuk lebih mengenal sosok seorang ibu yang sering para anak lupakan.

Ibu adalah yang mengandung kita selama berbulan-bulan lamanya

Pernahkah kita berfikir betapa beratnya kita saat masih dalam kendung? Mungkin sekilas pernah kita berfikir “Ah, kan hanya sembilan bulan. Lagian waktu itu berat ku tak seberapa” atau kita berfikir “Itu sudah menjadi resiko, kenapa mau menjadi seorang ibu. Semua ibu pasti merasakannya”. Jika pernah kita berfikir hal demikian, rasanya tak pantas kata-kata itu keluar dari seseorang yang telah mengaku telah beriman atau serorang Muslim. Seorang muslim diwajibkan untuk berbakti kepada kedua orang tuanya, salah satu ayat al Quran yang mewajibkan masalah ini menjelaskan bahwa seorang ibu telah mengandung kita selama berbulan-bulan dan setiap bulan mendapatkan kesusahan yang bertambah.
Dalam al Quran surat Luqman ayat: 14 Alloh Ta’ala berfirman yang artinya:
“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu”

Kasih Ibu yang paling tulus kepada anaknya

Jika ada seseroang yang kita anggap ia adalah seorang yang mencintai kita, maka lihatlah saat kita dalam keadaan sakit dan terhimpit dalam kesusahan, apakah ia senantiasa bersama kita? Mungkin tak pernah terbersit dibenak kita, siapakah yang senantiasa ada disamping kita saat kita sakit diwaktu kita kecil. Sosok ibulah yang senantiasa menjaga anak-anaknya bahkan sampai larut sepanjang malam. Apakah kita ada disamping ibu kita saat ia sakit atau mengalami kesempitan dihari ini? Rasanya kita harus banyak sekali berkaca.

Hanya seroang ibu yang rela mati demi anaknya

Ibu adalah ia yang akan rela memberikan semua hidup yang ia miliki untuk kebahagiaan dan kelangsungan hidup anak-anaknya.
Mungkin jika ia dihadapkan pada kondisi sulit yang harus ia pilih antara tetap hidup atau kematian anak yang dicintainya, niscaya ia akan merelakan satu-satunya nyawa yang ia miliki hanya agar anaknya tetap hidup.
Pernahkah kita renungkan, bahwa ia yang pernah mempertaruhkan nyawanya ketika kita lahir ke dunia? Mungkin kebanyakan kita telah lupa, betapa besar kasih ibu yang telah diberikan untuk anak-anaknya termasuk kita..!

Para Ibu yang senantiasa mendoakan anak-anaknya

Dalam agam Islam yang mulia, salah satu yang dikategorikan do’a yang cepat mendapat jawaban dari Alloh Ta’ala adalah do’a seorang ibu untuk anaknya. Betapa tidak, do’a seorang ibu adalah do’a yang tulus diberikan kepada anak-anaknya tanpa pamrih. Tidak ada yang diharapkannya selain kebahagiaan dan kebaikan akan senantiasa terlimpah bagi sang anak tercinta. Ia adalah orang yang senantiasa mendo’akan kita, lantas sudahkah kita mendoakannya setiap saat, disetiap sholat kita, atau disetiap malam saat kita menghadap-Nya..?

Ibu kita yang sangat khawatir akan kesusahan anak tercintanya

Mungkin sering kita lihat ada seorang ibu yang memarahi anaknya karena melakukan sesuatu yang tidak disukainya atau mungkin diwaktu kecil pernah kita mengalaminya. Seringkali kita berpikir bahwa ia melakukan hal demikian karena kesal atau karena tabiatnya, meskipun hal demikian salah satu diantara penyebabnya akan tetapi tahukah kita bahwa penyebab terbesar marahnya seorang ibu kepada anaknya adalah besarnya kekhawatiran yang ia miliki tatkala anaknya akan mendapatkan kesusahan dan keburukan.

Apa yang telah kita berikan untuk membalas kebaikannya

Kasih Ibu dikenang sepanjang masa
Kasih Ibu dikenang sepanjang masa
Seorang anak terkadang dan lebih sering menuntut segala hal kepada orang tua terutama kepada ibunya, sedikit saja keinginan kita tidak dipenuhinya, maka seakan sekian banyak kebaikan yang selama ini telah Ibu kita berikan tidak ada harganya. Tidak kahkita sadari bahwa ia telah memberikan segalanya untuk kita, lantas apa yang telah kita berikan untuknya? Sudahkah kita penuhi kebutuhannya, sudahkah kita ringankan bebannya, apakah sudah kita tanyakan apa saja masalahnya? Jika kebanyakan pertanyaan tersebut jawabannya adalah “tidak” maka seharusnya lekas kita perbaiki diri untuk lebih memperhatikan sosok mulia yang telah sangat berjasa dalam hidup kita.

Berikan kado terbaik untuk ibu kita tercinta

Seorang ibu adalah ia yang tanpa pamrih atas semua yang telah ia berikan kepada anak-anaknya. Akan tetapi, taukah kita betapa senang ia tatkala ada satu atau beberapa anaknya yang memberikan perhatian lebih padanya. Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk sedikit menyenangkan ibu kita adalah dengan memberikannya hadiah, senantiasa mendoakan keselamatan dan kebaikan atasnya, memenuhi segala kebutuhannya atau ketika kita memiliki kelebihan harta, kita bisa bersedekah yang pahalanya kita tujukan untuk ibu atau kedua orang tua kita. Kebaikan yang dilakukan oleh seorang anak, maka pahalanya akan senantiasa mengalir untuk kedua orang tuanya walaupun keduanya telah tiada.
Demikian artikel singkat ini, semoga dapat meberikan gambaran bagaimana besarnya “Kasih Ibu yang akan senantiasa dikenang sepanjang masa” serta dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang berbakti kepada kedua orang tua kita.  Silahkan baca artikel menarik lainnya dengan teman “Berbakti Kepada Orang TUa” di situs ini. Terimakasih telah berkunjung. Wallohua’lam.

Silahkan anda berkunjung ke blog Sahabat kita : http://berbaktikepadaorangtua.com/kasih-ibu-sepangjang-masa/

 

SMP NEGERI 2 DLINGO

Penulis & Penyunting

Sekolah negeri yang berkomitmen mewujudkan siswa berprestasi, disiplin, berkarakter, berbudi pekerti luhur berwawasan nasional berlandaskan imtak, iptek dan wawasan lingkungan