Minggu, 14 Februari 2016

“ Grumeget Nyawiji “ Satukan Langkah Dikdas 2016

foto
pj Bupati Bantul Drs. Sigit Sapto Raharjo, MM bersama Drs. Totok Sudarto, M.Pd

Kamis , 11 Februari 2016 bertempat di aula Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul ,  dilaksanakan Rapat Kerja Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul Tahun 2016. Rapat kerja ini dihadiri  oleh pj Bupati Bantul Drs. Sigit Sapto Raharjo, MM , sekaligus membuka secara resmi.
Dihadiri pula dari unsur Bappeda , Drs. Totok Sudarto. M.Pd , Daeng Daeda , M.Pd dan pejabat struktural Dinas Dikdas,Ka UPT PPD,  pengawas SD dan SMP . MKKS . MGMP dilingkungan Dikdas Kabupaten Bantul.
Rapat Kerja Dikdas diadakan karena permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan sangatlah komplek , terlebih pendidikan dasar. Banyak sekali hal – hal yang menjadi penyebab munculnya masalah tersebut, mulai dari pemahaman yang belum optimal tentang peraturan dalam melaksanakan program pendidikan, kurangnya pemahaman mengenai laporan pertanggungjawabannya.
Terkait tersebut diatas kegiatan Rapat Kerja Daerah ( Rakerda ) merupakan momen yang sangat penting untuk dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan di Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul.
Disisi lain perkembangan tekhnologi informasi yang sangat dinamis dan berkembang pesat juga dapat juga berdampak signifikan pada pelaksanaan program dan kegiatan yang ada di Dikdas. Dampak ini akan kian meluas baik dampak perilaku maupun dampak secara psikologis yang terjadi di kalangan guru , siswa dan di lingkungan Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul perihal IT.
Berkaitan dengan persoalan diatas , salah satu upaya untuk menjebatani informasi – informasi pendidikan , dilakukan melalui Rapat Kerja Daerah ( Rakerda ) Dikdas Tahun 2016.
Darwatiningsih, S.Si.M.Si  Kepala Bidang Bina Program dan Dr. Esti Setiawati, M.Pd  Kepala Seksi Perencanaan dan Pelaporan Bina Program Dikdas Kabupaten Bantul,selaku panitia dan tim perumus  dalam keterangannya Rakerda dilaksanakan 1 ( satu ) hari pada tanggal 11 Februari 2016, bertempat di Aula Dinas Dikdas  Bantul, dengan peserta Pejabat Sruktural Dikdas, Ka Bidang, Kepala Seksi , Kepala Sub Bagian, UPT PPD , Pengawas SD/SMP, MKKS SD, KKKS SMP dan MGMP.
Dengan Nara Sumber Kepala Dinas Dikdas, Sekretaris Dikdas, Unsur Bidang , unsur pengawas dan UPT PPD yang dibagi dalam 5 ( lima ) komisi  dengan metode kegiatan dilaksanakan dengan metode ceramah bervariasi, tanya jawab dan diskusi klasikal.
Dari hasil paparan, diskusi, tanggapan dan tanya jawab dapat disimpulkan : Perlu dibangun sinergi yang baik antara Dinas, sekolah, pengawas dan seluruh stakeholders terkait., Hubungan kerjasama antara UPT dan SMP yang belum Optimal, untuk perlu koordinasi penataan kelembagaan, UPT kecamatan diusahakan dapat mengelola anggaran sendiri dan diupayakan kerjasama yang sinergi dengan koordinasi lintas bidang.
Semoga dengan semangat gumreget nyawiji di  Rakerda Dikdas 2016 , Prestasi semoga  menjadi tradisi , dan menjadikan Pendidikan Bantul yang mempunyai Prestise dan Prestasi.

SMP NEGERI 2 DLINGO

Penulis & Penyunting

Sekolah negeri yang berkomitmen mewujudkan siswa berprestasi, disiplin, berkarakter, berbudi pekerti luhur berwawasan nasional berlandaskan imtak, iptek dan wawasan lingkungan